Kamis, 07 Juli 2011

Dampak Negatif Teknologi terhadap seni

Posted by Farid Station on 09.07

Wayang Golek Cepak Nyaris Punah


Indramayu, Pelita
Upaya pelestarian kesenian khas daerah harus benar-benar dilakukan bila tidak ingin hilang tertelan zaman., Sangat disayangkan bila sebuah kesenian khas daerah tertentu menjadi hilang karena ditinggalkan orang. Itu berarti sebagai tanda hilangnya salah satu kepribadian daerah tersebut Imbasnya, kepribadian bangsapun menjadi makin terkikis.
"Salah satu kesenian khas daerah Indramayu yang kini terancam punah adalah Wayang Golek Cepak Khas Indramayu. Upaya pelestarian kesenian ini kurang diperhatikan oleh dinas instansi ter-
kait. Ini mengkhawatirkan." kata Dalang Ahmadi, generasi kelima dan pewaris terakhir kesenian ini belum berhasil menularkannya kepada generasi berikutnya. Padahal di masa lalu, keseni-
an ini pernah ikut mengharumkan nama Indonesia di pentas seni internasional yang diselenggarakan di negeri Jepang.
Menurut Ahmadi, kesenian Wayang Colek Cepak bisa menjadi sarana sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan sejarah daerah tertentu. Alur cerita yang sering dipentaskan merupakan alur sejarah berdirinya sebuah daerah.
Walaupun disisipi cerita carangan disana-sini dengan maksud supaya lebih mena-rikj.pentas seni Wayang Go lek Cepak sangat pas untuk menyampaikan cerita sejarah masa lalu dengan mengambil nama para tokohnya
karena bisa lebih hidup dan fleksibel.
Tidak seperti Wayang Golek Purwa yang alur ceritanya sangat terikat dengan pakem cerita yang sudah ada seperti kisah Rama Shinta. Mahabrata dan sebagainya yang hanya menuturkan kisah dunia pewaya-ngan konvensional dan nama-nama tokohnyapun telah diketahui orang," tutur Ahmadi.
Ahmadi mengharapkan bantuan dari para pihak ter-knit khususnya Pemkab Indramayu melalui Dinas Pemuda, Olah raga. Budaya dan Pariwisata agar melakukan langkah-langkah konkret untuk melestarikan kesenian ini, misalnya dengan memasukan ke kurikulum atau ekstrakurikuler di Dinas Pendidikan sehingga akan menjadi sebuah obyek mata pelajaran khusus yang bisa diambil oleh para siswa.
"Sebagai putra daerah, kami ingin seni khas daerah ini diangkat dalam bentuk desain yang berguna bagi daerah Indramayu mengingat perannya yang cukup penting dalam menyampaikan pesan moral kepada masyarakat.
Minimnya minal generasi muda untuk belajar kesenian wayang menjadi ancaman serius punahnya kesenian ini. Padahal wayang golek cepak memiliki sejarah yang sangat berarti karena selain bisa menceritakan tentang kisah babad Der-mayu. wayang golek cepak merupakan sejarah awal pembentukan topeng Indramayu," tandas Ahmadi. (ck-106)


Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site

 
  • Blogroll

  • Consectetuer

  • Popular

  • Comments